Rabu, 02 Juni 2010

Koran Online Vs Koran Cetak

Kini salah satu aplikasi yang digadang-gadang bakal jadi andalan di iPad adalah berlangganan surat kabar. Wall Street Journal di Amerika Serikat (AS) menanggapi hal tersebut dengan sebuah aplikasi khusus.


Sebagaimana dikutip detikINET dari Engadget, aplikasi itu bakal memiliki biaya berlangganan 17,29 dolar AS setiap bulan atau sekitar Rp 150.000.
 

Biaya tersebut memungkinkan pengguna aplikasi mengakses konten tertentu yang tidak bisa diakses pada Wall Sreet Journal versi online. Selain itu, ada kemampuan khusus seperti personalisasi, akses arsip tujuh hari ke belakang dan penyimpanan tulisan untuk dibaca secara offline.


Jika tidak berlangganan, aplikasi Wall Street Journal juga tersedia secara gratis. Namun akses hanya dibatasi pada berita utama dan data pasar. Nah, kembali ke soal harga, rupanya media massa itu belum “rela” kehilangan pelanggan koran cetak. Anggapan tersebut wajar terlontar karena harga langganan koran itu versi cetak, menurut Engadget, sebesar 11,67 dolar AS per bulan atau sekitar Rp 100.000.


Terlihat, harga versi digital dari Wall Street Journal ternyata lebih mahal ketimbang versi cetak. Apakah model bisnis seperti itu yang akan diikuti oleh koran lain? Juga di Indonesia? (Narulita Dwi Ardiyanti-modf.)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar