Jumat, 11 Juni 2010

Google : Spam Email Menurun

Volume spam di dunia maya diprediksi perlahan mulai mengalami penurunan dalam hitungan per kuartal, meski jika dibandingkan tahun lalu, angkanya tetap saja meningkat. "Pada kuartal pertama tahun 2010 ini,


volume spam lebih rendah dibanding kuartal terakhir 2009. Namun jika dibandingkan pada kuartal yang sama tahun lalu, volume ini meningkat sekira 6 persen," ujar perusahaan riset sewaan Google, Postini, seperti dikutip melalui PC Magazine. Dari data tersebut, kontribusi spam terbesar berasal dari virus berkedok spam email, yang marak disebar oleh spammer pada kuartal kedua tahun 2009 lalu. Email bervirus memiliki persentase 0,3 persen dari keseluruhan spam yang ada kuartal pertama 2009. Namun angka tersebut kemudian melonjak menjadi 3,7 persen pada kuartal kedua 2009. 



Meski kemudian turun kembali sekira 1,1 persen pada kuartal pertama 2010, tetap saja angka tersebut masih 12 kali lipat lebih banyak dibanding kuartal pertama tahun lalu. Maret ini, Google juga memperkirakan adanya peningkatan untuk kapasitas spam yang dikirim. Spam-spam yang disebar rata-rata memiliki kapasitas memori 30 persen lebih berat ketimbang yang lalu. Hal ini dikarenakan kebanyakan spam email menyertakan gambar-gambar tak penting untuk menarik korban.


"Spammer diperkirakan menggunakan cara promosi model baru yang akan membuatnya lebih mudah dan lebih cepat menarik korban, seperti sebuah komponen plug and play yang biasa digunakan spammer," ujar Senior Product Marketing Manager Google Postini Adam Swidler. Dalam data tersebut juga ditemukan, topik untuk spam email masih tidak berubah banyak, yaitu obat-obatan murah, gosip selebriti, breaking news, dan tragedi bencana alam. Pada bulan Januari, spammer juga menggunakan iming-iming donasi dari mengatasnamakan gempa Haiti dengan mencatut nama yayasan donasi, politikus maupun selebriti. (srn-modf.)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar