Senin, 07 Juni 2010

Amankan Jaringan Internet dengan CBN iControl

Untuk mendukung implementasi internet sehat dan aman, penyedia layanan internet CBN pun memberikan solusi keamanan berinternet dengan nama iControl. CBN  iControl merupakan layanan web security


berbasis cloud computing yang merupakan solusi mudah dan terjangkau dalam memberikan rasa aman kepada para pelanggannnya saat berinternet.

"Latar belakang kami meluncurkan layanan ini adalah untuk mengontrol semua ancaman berbasis web yang berlalu lalang di dalam jaringan internet. hal ini juga didorong dengan banyaknya demand dari para pengguna yang tidak ingin mendapatkan konten-konten yang tidak diinginkan. Yang menarik dari layanan iControl ini, pengguna memiliki total control terhadap jaringan internet yang digunakan. Ini juga sebagai bentuk tanggung jawab sosial kami terhadap lingkungan," ujar Chief Commercial Officer CBN Sugiharto Darmakusuma, saat ditemui usai peluncuran iControl di Senayan City, Jakarta.


Menurut Sugiharto, layanan ini diluncurkan sebagai wujud kepedulian CBN terhadap internet sehat dan aman. iControl ini melindungi berbagai aktivita internet tanpa memerlukan perangkat keras atau lunak apapun. Ditambahakn Sugiharto, iControl dapat membantu orang tua melindungi anak-anak dari terpaan unsur pornografi dan konten kekerasan di internet. Sedangkan untuk korporasi, memungkinkan suatu perusahaan untuk mengatur hak akses karyawan, meminimalisir kehilangan data penting perusahaan, dan membantu dalam pengaturan bandwidth.

Beberapa fitur iControl yang dapat membantu orang tua dan perusahaan dalam berinternet sehat dan aman adalah,

1. URL Filtering, berfungsi mengontrol web 2.0 seperti webmail, instant messging, social networking, blogging dan media streaming, dan lainnya.
2. Data loss prevention, berfungsi memberikan lalu lintas data http/https untuk mencegah kebocoran data penting.
3. Browser Control, mengatur dan menentukan versi browser, patch, plug-in, dan apllikasi mana saja yang digunakan untuk perusahaan.
4. P2P protection, mendeteksi dan melindungi pengguna darikemungkinan penyalahgunaan dan ancaman saat melakukan file sharing.
5. Bandwidth Management, mengatur alokasi bandwidth secara eksisting dengan menentukan aplikasi web amana saja yang mendapatkan prioritas untuk diakses

"Layanan ini bekerja sama dengan vendor sistem keamanan asal California bernama ZScaler sebagai penyedia platform," ujar Sugiharto. Berdasarkan data akhir 2009 lalu, jumlah pelanggan CBN sendiri saat ini, menurut Sugiharto, telah mencapai 2.000 pelanggan korporat dan 35.000 pelanggan individu. akhir 2009 lalu. "Meski pelanggan individu paling banyak namun kontribusi revenus terbanyak berasal dari pelanggan dari korporat," ujar Sugiharto. Untuk urusan jaringan, CBN mengaku telah memiliki jaringan di beberapa kota besar seperti Jakarta, Bandung, Bogor, Bali. Saat ini CBN sedang memfokuskan diri untuk memperluas jaringan di Jakarta. Layanan iControl ini bisa digunakan dengan sistem berbayar. Terdapat tiga paket iControl, yaitu Standar dengan biaya Rp25.000 per account per bulan, Advanced, berbiaya Rp35.000 per account per bulan, dan paket Premium dengan biaya Rp45.000 per account per bulan (srn-modf.)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar