Kamis, 10 Juni 2010

Khawatir Perluasan Zona Rendah Oksigen

Level oksigen yang makin rendah khususnya di Laut Pasifik pantai barat AS bisa menjadi sinyal perubahan fundamental terkait perubahan iklim global, menurut para ilmuwan. Mereka memberi peringatan bahwa lautan
mengandung ekosistem bawah laut yang kompleks dan rapuhnya rantai makanan akan banyak mengganggu kehidupan. Di beberapa titik yakni Washington dan Oregon, wilayah yang kekurangan oksigen telah meninggalkan bangkai kepiting di dasar lautan, membunuh bintang laut yang berusia 25 tahun, membuat cacat berbagai koloni dan memproduksi bakteri berbahaya yang potensial dapat berkembang dengan subur di kondisi semacam itu.



Area hypoxia atau oksigen rendah telah lama berada di lautan dalam. Area tersebut terdapat di Pasifik, Atlantik dan Lautan Hindia, relatif menyebar dan menutupi lebih banyak mil persegi, memberi ketakutan di beberapa tempat, seperti di barat laut Pasifik melewati batas benua dalam garis pantainya.“Pengurangan level oksigen di tiga lautan tersebut sangat bersifat menyerang,” ujar Gregory Johnson, ahli oseanografi di Administrasi Atmosfer dan Laut Nasional di Seattle.


Di beberapa titik seperti pantai California Selatan, level oksigen jatuh mencapai 20% selama 25 tahun terakhir. Ilmuwan mengatakan di berbagai tempat level oksigen menurun hingga sepertiga selama 50 tahun terakhir. “Kejutan terbesarnya adalah bagaimana hal tersebut menjadi fenomena baru,” ujar Jack Barth, profesor oseanografi di Universitas Oregon. “Kami telah mengamati selama bertahun-tahun.”


Barth dan ilmuwan lainnya mengatakan bahwa perubahan tersebut konsisten dengan model perubahan iklim saat ini. Studi sebelumnya telah menemukan bahwa lautan menjadi lebih bersifat asam seiring dengan penyerapan karbondioksida lebih banyak dan gas dari efek rumah kaca. “Jika bumi menghangat terus berlanjut, maka kemungkinan manusia akan memiliki level oksigen yang semakin rendah dan semakin rendah lagi,” ujar Francis Chan, peneliti lautan di Oregon. Ilmuwan mengatakan beberapa dari area termasuk yang berada di barat laut Amerika Utara, secara khusus terhubung dengan perubahan yang lebih luas terhadap level oksigen.[ito-modf.]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar