Minggu, 16 Mei 2010

Gerhana Venus Kemarin

Sebanyak 70 daerah di Indonesia dari 195 tempat di dunia, Minggu kemarin 16 Mei 2010, bisa menyaksikan Gerhana Venus. Direktur Observatorium Bosscha, Lembang, Jawa Barat, Hakim L. Malasan,
mengatakan, tak semua wilayah bisa melihat gerhana Venus. Situs www.lunar-occultations.com, melansir, 70 daerah di Indonesia yang bisa melihat gerhana planet Venus yakni di pulau Sumatera yaitu di langit Batam, Bengkulu, Jambi, Padang, dan Palembang serta Lhoksemauwe Aceh. Di Pulau Jawa, gerhana itu bisa dilihat dari semua wilayah termasuk pesisir utara dan selatan.


Adapun di Kalimantan, antara lain Balikpapan, Banjarmasin, Samarinda, Pontianak, Ketapang, dan Palangkaraya. Sementara Sulawesi meliputi Poso, Gorontalo, Kendari, Palu, Manado, dan Ujung Pandang. Wilayah lainnya antara lain, Bima, Denpasar, Mataram, Natuna, dan Ternate. Gerhana Venus terjadi pada saat posisi bulan, planet bumi, serta planet Venus sejajar. Dari bumi, planet Venus akan menghilang sesaat karena tertutup oleh Bulan. Pergerakan planet fajar ini seolah-olah membelakangi bulan. Para Astromom menyebutnya dengan istilah Okulasi.


Melihat kejadian ini dari bumi, bulan akan terlihat sabit karena baru menginjak hari ke-2 atau biasa disebut bulan baru. Jika Anda berada di Bandung dan sekitarnya, waktu paling tepat untuk melihat Gerhana Venus dimulai pukul 18.50 WIB "Fenomena gerhana Venus" akan mulai lenyap hingga pukul 19.30 WIB setelah itu, planet Venus akan muncul kembali dan posisinya akan terlihat disebelah kiri bawah dari bulan.


Bosscha kali ini tidak membuka pintu bagi masyarakat yang ingin ikut menyaksikan peristiwa gerhana Venus karena kekurangan petugas pada hari libur. Para astronom dan staf hanya ingin berkonsentrasi mengabadikan peristiwa langka tersebut. Wartawan boleh datang. Selain di Bandung, sejumlah kelompok astronomi di Lhoksemauwe, Jakarta, dan Yogyakarta, juga akan ikut mengamati di daerahnya masing-masing



Jangan khawatir untuk yang belum sempat melihat kerena menurut  pengelola komunitas astronomi amatir Langit Selatan Avivah Yamani, setelah gerhana Venus 16 mei 2010, Gerhana venus akan kembali terjadi pada 11 September 2010 mendatang, dan akan melewati Brazil bagian timur dan Afrika Selatan. Sedangkan gerhana yang sama pada 5 November 2010 bisa dilihat dari Afrika Selatan dan Australia bagian barat.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar