Selasa, 06 April 2010

Sampah Plastik Raksasa

Ilmuwan menemukan sampah raksasa di laut Atlantik Utara yang tersusun dari ribuan keping plastik. Ukuran sampah itu bisa membentang dari Hawai hingga California.
Karen Lavender Law dari Asosiasi Edukasi Laut mengatakan buangan plastik itu membahayakan burung laut dan secara luas mengganggu Atlantik. Hasil itu didapat setelah studi 22 tahun Perkumpulan Sains Laut di Portland Amerika Serikat.

Asosiasi Edukasi Laut mengumpulkan lebih dari 64 ribu potong kecil plastik. Ilmuwan dan mahasiswa menyapu lebih dari 61 ribu lautan dekat Bermuda dengan menyeret jaring jala selama melakukan penelitian. Lebih dari separuh ekspedisi tersebut mengangkat potongan plastik di permukaan air. Potongan tersebut adalah plastik densitas rendah yang banyak digunakan dalam produk konsumer termasuk tas plastik.

sampah di laut

menyelam dengan sampah

Dr. Lavender Law mengatakan bahwa potongan plastik ukurannya sangat kecil, kurang dari 1 cm. “Kami menemukan sebuah wilayah yang tidak terlalu jauh di Atlantik Utara di mana tumpukan sampah muncul dan terkonsentrasi serta tersisa untuk periode yang lama. Lebih dari 80% potongan plastik yang dikumpulkan dalam proses penjaringan ditemukan di titik 22 dan 38 derajat ke utara. Jadi kami sekarang memiliki garis lintang untuk sampah yang terakumulasi,” ujar Law.

Sampah Laut
Kumpulan sampah itu sudah menyamai 2 kali luas negara bagian TEXAS di Amerika dan tumpukan itu ada yang mencapai kedalaman 60 kaki (18 meter) dan jika dihitung diperkirakan kalau dikumpulkan beratnya 7 juta Ton.
Luas TEXAS
Dan Berikut ini adalah korban dari Sampah-sampah tersebut :

Seekor kura-kura yang dari kecil terbelit sampah dibagian perutnya

Burung Albatros yang ketika mati ditemukan banyak sampah dalam perutnya berupa tutup botol, sampah plastik, sampai lighter (korek)

Beluga yang dikenal sebagai hewan Mamalia (menyusui) saat ini disinyalir banyak yang terkena kanker payudara


Anjing laut yang sedang berjuang hidup karena lehernya terlilit sampah
NB: Mulai sekarang buanglah sampah di Tempat-nya ^_^ jangan sampai merugikan orang lain termasuk hewan & makhluk hidup lain-nya.

"Belum Terlambat !!!"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar