1. Ketahuilah format dasar nama domain
Panjang nama domain biasanya terdiri dari 2 sampai 63 karakter (tidak termasuk extension, com, org. co.id,dll) yg terdiri dari huruf a-z,angka 0-9, dan tanda "-" ( tanda penghubung ).
Nama domain tidak bisa diawali atau diakhiri dengan tanda "-" (tanda penghubung). Secara keseluruhan nama domain harus berhuruf kecil dan dapat didaftar dalam berbagai bahasa (multi-lingual).
2. Ketahuilah sasaran konsumen
Pilihlah nama domain yg pantas, berdasarkan pada siapa target / sasaran konsumen supaya terdengar lebih menarik, hangat, aktif dan profesional atau bisa menggunakan nama dari perusahaan.
3. Pilihlah nama domain yg singkat dan sederhana
Pada umumnya nama domain yang singkat lebih mudah dituliskan dan diingat.
Batasi nama domain paling banyak satu, dua atau tiga kata saja.
Gunakan beberapa suku kata, dengan kata yang mudah diucapkan secara singkat dan baik. Jangan menggunakan kata yang susah diingat (akronim), contoh qmxf.
4. Daftarkan ke Search Engine
Daftarkan kata kata yg berhubungan dengan nama domain anda ke beberapa search engine yg berperingkat atas, dan anda bisa menggunakan lebih dari 63 huruf untuk keywords yang otomatis akan mengantarkan pengunjung ke Website anda.
Beberapa dari penyedia layanan Register Search Engine menawarkan layanan search langsung dengan standar harga yang lain.
5. Gunakan penjamakan yang pantas
Misalkan newhomes.com lebih baik dari pada newhome.com jika Website and tidak hanya berhubungan dengan satu rumah saja.
6. Gunakan kata-kata yang dapat dilihat
Karena penglihatan adalah hal yg terkuat dalam indra manusia, lebih baik lagi gunakan kata kata yg berhubungan dengan kelima indra manusia. Hal ini biasanya berhubungandengan pemilihan kata benda (nama atau obyek) yang umum, kata kerja (aktivitas), dan kata sifat (gambaran).
Sebagai contoh : kata "api" sangat mudah dibayangkan. Kata pada "api" tesebut memuat petunjuk empat dari lima indra manusia - penglihatan (merah, kuning, nyala api), pendengaran (ledakan dan bunyi-bunyian yang lain), perasaan (panas), penciuman (berasap).
7. Rencanakanlah untuk masa depan
Jangan beri batasan hal yang berhubungan dengan produk atau servis pada nama domain, bila anda merencanakan untuk meluncurkan produk atau servis baru. Beberapa pakar market internet mengatakan bahwa Website anda harus terfokus pada satu objek. Produk-produk atau servis yang ada dalam daftar di Website anda harus berhubungan satu dengan yang lain.
Sebuah Website dengan fokus yang luas tidak akan dituju bagi seseorang yang menginginkan produk tertentu.
8. Gunakanlah program pencari nama domain
Untuk mendaftar nama domain anda, ada beberapa program yang tersedia :
http://www.ke.web.id/
http://www.networksolution.com/
http://www.totalnic.net/
9. Daftarkanlah nama domain anda
Dengan tingkatan negara atau global.
Untuk tingkatan Universal gunakanlah domain com, org, atau net.
Untuk tingkatan lokal gunakanlah nama domain yang tersedia di negara anda. Misalkan : co.id, web.id, or.id, go.id, ac.id, sch.id dan war.net.id.
Ingat bahwa masing masing nama domain mempunyai batasan untuk bisa didaftar.
Beberapa dari nama domain hanya bisa dimiliki berdasar pada nama perusahaan atau organisasi.
10. Pastikan bahwa anda tidak melanggar merek dagang
Tidak melanggar merek dagang yang ada atau nama lain yang telah dimiliki oleh perusahaan atau orang lain. Karena nama domain yang bisa digunakan belum tentu menjadi hak anda dan bisa didaftar dan digunakan.
11. Usahakan tidak menggunakan tanda penghubung pada setiap kata
Nama domain yang menggunakan kata penghubung lebih sulit digambarkan bila diucapkan. Lebih mudah dimengerti bila nama domain tidak memuat kata penghubung.
12. Jangan gunakan ejaan yg membingungkan
Bila domain anda ditujukan pada pasar dunia jauhkan kata yang sulit dieja diseluruh dunia, misalnya kata yang berakhiran ize(US) / ise(UK). Dan juga berlaku bagi kata-kata yang susah dimengerti di seluruh dunia, bahkan ada beberapa kata dalam bahasa inggris yang tidak sopan digunakan dalam bahasa negara lain.
13. Jangan menggunakan nama domain lain* Usahakan tidak menggunakan nama domain yang mirip dengan nama domain lain. Karena kastemer akan datang kepada kompetitor anda bukan pada anda, kecuali bila anda mendaftar nama domain yang dapat salah eja, dengan harapan bisa menambah kastemer lagi.
Nama domain anda harus mengindikasikan bagian dari nama bisnis atau perusahaan, seperti merek dan logo. Kastemer akan menggolongkan produk, servis, perusahaan dan lain-lain,jika anda memberi nama dengan tepat. Ingat bahwa nama domain anda bisa digunakan untuk beberapa tujuan, termasukWebsite, alamat email, dan mungkin ftp. Ini sebuah bagian yang lengkap dari promosi marketing anda.
Jika nama domain anda mudah untuk diingat pasti akan menarik customer lebih banyak lagi. Orang akan dengan cepat menggunakan Website atau alamat email anda untuk mendapatkan informasi atau layanan yang anda berikan. Nama domain bisa dipindah, anda bisa memindah alamat, ganti nomor telp, ganti Internet Service Provider, ganti perusahaan tempat anda hosting, dengan tetap memiliki nama domain yang sama
Tidak ada komentar:
Posting Komentar